SMPN 1 NEGARA MEWAKILI PENILAIAN GUDEP TERGIAT KWARTIR DAERAH BALI TAHUN 2018

Salam pramuka! Ditunjuk untuk mewakili Jembarana mengikuti perlombaan Gudep Tergiat, SMP Negeri 1 Negara mempersiapkan segalanya sebaik mungkin. Kegiatan ini berlangsung pada hari Senin, 3 November 2018 yang dihadiri oleh Ka Kwarcab Jembrana, dalam hal ini diwakili oleh IB. Surya Putra, selaku Ketua Kwartir Ranting Jembrana, Ka Kwarda Bali, dan seluruh kepala sekolah se-Jembrana. Semua warga sekolah, baik itu Kakak Pembina atau pun adik-adik turut serta menyukseskan acara ini. Selain untuk mengikuti perlombaan, SMP Negeri 1 Negara juga berharap kegiatan ini mampu membangkitkan semangat adik-adik SMP Negeri 1 Negara dalam bidang kepramukaan.

Diawali dengan penyambutan tim penilai oleh tim inti pramuka Garuda Melati SMPN 1 Negara diiringi oleh lagu serta yel pramuka, tim penilai diarahkan menuju tempat yang telah disediakan. Acara dibuka dengan Tari Puspanjali yang dibawakan adik-adik SMP Negeri 1 Negara, yang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan doa. Selanjutnya, sambutan oleh Ka Magibus, I Made Riantori M. Pd sekaligus penyerahan monografi Gudep Jembarana kepada tim penilai yang dilakukan dengan tari makepung.

Dalam sambutannya, I Made Riantori M. Pd menyampaikan tentang pentingnya pendidikan kepramukaan bagi peserta didik karena  gerakan pramuka mampu melahirkan para generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter. Pada era ini diperlukan manusia yang tangguh, produktif, dan luhur kepribadian serta budinya. Penerus bangsa yang seperti itulah yang diperlukan oleh Indonesia untuk menghadapi arus globalisasi dan segala persoalan yang ada di negeri ini. “Gudep merupakan ujung tombak dalam kegiatan pramuka yang memiliki peran stategis untuk membentuk watak dan karakter generasi muda. Kepramukaan di Gudep 03.001-03.002 pangkalan SMPN 1 Negara sendiri telah melewati suatu proses yang cukup panjang yang menuntut keteguhan hati, kebersamaan jiwa, dan konsisten terhadap tujuan mulia gerakan pramuka. Dengan sasaran yang cukup mendasar yaiu mendidik dan membina peserta didik. Prestasi sekolah kami dalam bidang pramuka  juga dapat dikatakan baik, pada tahun 2016, 4 orang anak kami mengikuti Jambore Nasional, pada tahun 2017, tim pramuka SMPN 1 Negara mendapatkan juara 2 dalam lomba tingkat Kabupaten Jembrana, dan juara 1 dalam lomba Tekpram pada hari ulang tahun pramuka Kabupaten Jembrana 2018. Selain itu, kami juga meraih juara 1 dalam lomba LKBB pada tahun 2018. Kami berharap agar sekolah kami setidaknya mendapat juara 1” Imbuh I Made Riantori M. Pd. yang disambut dengan senyum lebar dan tepuk tangan yang meriah dari hadirin.

Berikutnya sambutan dari Ka Kwarcab Jembrana, yang diwakili oleh IB. Surya Putra selaku Ketua Kwartir Ranting Jembrana mengatakan bahwa lomba Gudep Tergiat sebenarnya untuk mengetahui kualitas gugus depan. Banyak alasan yang melatar belakangi pemilihan SMP Negeri 1 Negara sebagai duta Jembrana. “SMP Negeri 1 Negara merupakan sekolah unggul dan bersejarah karena merupakan sekolah negeri pertama yang ada di Jembrana. Selain itu potensi SMP Negeri 1 Negara juga dianggap cukup baik dalam prestasi, ini yang menjadikan dasar terpilihnya SMP Negeri 1 Negara sebagai duta Jembrana.” jelas IB. Surya Putra.

Ka Kwarda Bali, I Made Dana dalam kesempatan ini juga menyampaikan bahwa kegiatan lomba ini sebagai salah satu metode untuk membina gugus depan sehingga sesuai dengan strata yang ditetapkan kwartir nasional. Gugus depan diharapkan sebagai ujung tombak yang akan berhadapan langsung dengan adik-adik, sehingga dalam pembinaannya gugus depan dapat membina adik adik memiliki mental yang baik, juga untuk melatih keterampilan yang tidak diajarkan di sekolah. Dengan begitu, diharapkan generasi selanjutnya tidak akan terpengaruh oleh dampak negatif globalisasi.

Setelah diadakannya penilaian, acara ditutup dengan acara hiburan berupa tari topeng, dan penampilan dari vokal grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *