Penilaian Lomba PKTP Tingkat Kabupaten Jembrana di SMP Negeri 1 Negara Tahun 2018

Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) adalah program penanggulangan penyakit kanker menyeluruh yang dilaksanakan oleh semua potensi yang ada, baik pemerintah bersama masyarakat termasuk swasta melalui empat aspek penanggulangan kanker yaitu pencegahan primer, deteksi dini, pengobatan, paliatif/bebas nyeri secara multi disipliner.

Pemkab Jembrana melalui Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Jembrana terus berupaya menanggulangi penyebaran penyakit kanker. Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menggelar lomba Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) tingkat SMP se-Jembrana. Lomba PKTP melalui sekolah ini bertujuan untuk memberikan informasi danĀ  pemahaman sejak dini tentang bahaya dan pencegahan kanker kepada anak didik.

Pada tahun 2018 ini, SMP Negeri 1 Negara yang berada di wilayah kerja UPT Puskesmas Jembrana mewakili kecamatan Jembrana dalam lomba PKTP tingkat SMP se-Jembrana. Penilaian yang dilakukan pada tanggal 3 Mei 2018 dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana, Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Jembrana, Tim Penilai PKTP Kabupaten Jembrana beserta tim, dan beberapa undangan lainnya. Dalam lomba PKTP ini ada beberapa komponen yang dinilai meliputi pengorganisasian, administras, penyuluhan dan simulasi.

Kepala SMP Negeri 1 Negara, yang diwakili oleh Wakabid Kurikulum SMP Negeri 1 Negara, dalam laporanya menyampaikan sangat mendukung kegiatan PKTP ini. Juara bukanlah tujuan utama dalam penilaian lomba PKTP ini, tapi lebih kepada bagaimana sekolah kami mampu menanamkan pola hidup bersih dan sehat, serta pengetahuan yang lebih tentang penyebab dan penanggulangan kanker sejak dini. Seperti kita ketahui penyakit kanker masih merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak pada dekade terakhir yang berakibat sangat mengerikan pada penderitanya.

Semoga SMP Negeri 1 Negara bisa meraih hasil yang terbaik. Jayalah terus Spentura!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *