Jumat Sehat Menuju Generasi Sehat dan Cerdas

Untuk kali pertama, Spentura mengadakan kegiatan pemberian susu kedelai (sule) kepada seluruh siswa. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat, 26 Januari 2018 di halaman SMP Negeri 1 Negara. Pembagian susu kedelai ini merupakan salah satu usaha Pemerintah Kabupaten Jembrana kepada setiap sekolah yang bertujuan untuk mengenalkan siswa tentang minuman sehat agar kebutuhan gizinya tercukupi di masa remaja mereka. Susu kedelai ini diberikan setiap satu bulan sekali di hari Jumat minggu ketiga. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga sekolah SMP Negeri 1 Negara.

Seluruh warga sekolah menyambut  antusias diadakanya kegiatan pembagian susu kedelai ini. Kelas VII A menjadi kelas pertama yang mendapat antrian untuk mengambil susu kedelai, kemudian berlanjut sampai kelas IX K. Para siswa menunggu giliran dengan tertib. Ketika susu kedelai sudah mereka dapatkan, satu persatu mulai mencari tempat yang nyaman di sekitar halaman SMP Negeri 1 Negara sebelum akhirnya sama-sama mengangkat susu kedelai tinggi-tinggi dan meminumnya dengan berbagai ekspresi. Salah satu siswa kelas IX D,Ni Luh Natih Bawani, mengatakan bahwa program ini sangat baik bagi seluruh siswa dan berharap akan berlangsung secara berkelanjutan.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Negara, I Made Riantori, M. Pd mengatakan bahwa pemberian susu kedelai (sule) merupakan imbauan dari Bupati Jembrana, I Putu Artha, SE, MM yang mengharapkan sekolah membuat program sule gratis. Setiap bulan sekali, pada minggu ke-3 siswa diberikan sule gratis. Pendanaannya menggunakan dana BOS. Program ini bertujuan mengajarkan peserta didik minum susu kedelai kerena ini baik untuk kesehatan.

“Nantinya program ini akan diupayakan berlangsung secara terus menerus dan setelah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Jembrana,kemungkinan ada program kesehatan tambahan yang bekerja sama dengan Puskesmas terdekat, seperti imunisasi untuk siswa yang berumur sampai 14 tahun dan makanan sehat gratis,” imbuh  I Made Riantori, M. Pd.  Selain itu, Drs. I Komang Winantayasa selaku Wakabid Kesiswaan berpendapat bahwa kegiatan ini dapat menumbuhkan perilaku hidup sehat dengan mengonsumsi minuman bergizi yang baik untuk tubuh dan jalan kerja otak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *