Implementasi Sekolah Ramah Anak melalui Outdoor Classroom Day (OCD) di SMPN 1 Negara, 1 November 2018

Sebagai salah satu sekolah ramah anak di Jembrana, SMPN 1 Negara, Kamis (1/11) ini melaksanakan Outdoor Classroom Day (OCDay). Pelaksanaan kegiatan OCDay merupakan program Pemerintah Pusat yang dilaksanakan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI sekaligus memperingati Hari Anak Internasional yang jatuh pada bulan November.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APPKB) Jembrana, Ni Kade Ari Sugianti turut hadir dalam Kegiatan Outdoor Classroom Day di SMPN 1 Negara. Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan bagaimana menciptakan anak senang, guru tenang, orangtua bahagia.

Kepala SMPN 1 Negara, mengungkapkan program OCDay ini bagian dari mewujudkan sekolah ramah anak. “Sekitar tiga jam pembelajaran di luar kelas membuat anak tidak jenuh dan menumbuhkan kreativitas. Menggalakkan kembali olahraga dan permainan tradisional” jelasnya.

Dimulai dari pukul 07.00 wita para guru menyambut siswa dengan 3S (senyum, sapa, salam). Dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya (3 stanza), cuci tangan sebelum makan, baca doa bersama sebelum makan, cuci tangan setelah makan. Kegiatan dilanjutkan dengan memeriksa lingkungan (tanaman dll), menyingkirkan tanaman dan barang yang dapat membahayakan siswa, mematikan lampu yang tidak diperlukan dan mematikan kran air yang terbuka.

Selain itu diisi juga dengan kegiatan membaca buku di luar ruangan, dilanjutkan dengan simulasi sadar bencana dalam lagu dan gerak, senam Germas, permainan tradisional, yel-yel Sekolah Ramah Anak, deklarasi Sekolah Ramah Anak, pelantikan Tim Sekolah Ramah Anak, dan acara ditutup dengan menyanyikan lagu ‘’Maju Tak Gentar’’.

Semoga kegiatan ini mampu menginspirasi aktivitas belajar dan bermain di luar kelas untuk kedepannya.

Spentura Jaya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *