HUT SPENTURA KE 61 BERLANGSUNG SEMARAK dan MERIAH

Bertajuk “Melalui Peningkatan Pembelajaran Moral Kita Ciptakan Siswa yang Aktif, Kreatif, dan Cerdas”, SMP Negeri 1 Negara memperingati ulang tahunnya yang ke-61. Kegiatan ini berlangsung dari hari Jumat, 31 Agustus hingga Senin, 3 September 2018. Pemilihan tema tahun ini memang sedikit berbeda dibandingkan dengan tema tahun-tahun sebelumnya. SMP Negeri 1 Negara tahun ini mengambil sub tema ‘Sumbu SPENTURA’ yang berfokus pada pelestarian kebudayaan bangsa yang merupakan pengembangan dari tema pokok. Diharapkan dengan tema ini akan mampu  meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan, sehingga siswa memiliki salah satu sifat dari pendidikan berkarakter, meningkatkan rasa persaudaraan dan kekeluargaan antar siswa, dan dapat memaknai perayaan ulang tahun sekolah dengan jiwa patriotisme.

Berbagai lomba olah raga gembira dan tradisional, yang diadakan pada hari Jumat, 31 September 2018 mengawali HUT SPENTURA ke-61 ini. Lomba enggrang, balap karung, tarik tambang, dan lari balon adalah sederet nama lomba yang dilombakan. Sebelum memperingati hari ulang tahunnya, SPENTURA mengadakan gladi bersih yang dilaksanakan pada Sabtu, 1 September 2018. Para siswa mencari tempat yang nyaman di sekitar halaman SMP Negeri 1 Negara sembari menyaksikan gladi bersih sebelum akhirnya berkumpul untuk mendengarkan beberapa hal terkait acara yang akan diselenggarakan esok paginya.

Minggu, 2 September 2018 adalah acara puncak Ulang Tahun SMP Negeri 1 Negara. Yang dihadiri oleh kepala-kepala sekolah se-Kabupaten Jembrana, kepala komite, dan alumni SMP Negeri 1 Negara. Acara dimulai dengan sepeda santai berhadiah yang diikuti oleh seluruh warga sekolah. Dilanjutkan dengan acara hiburan yang diisi oleh siswa – siswi SPENTURA yang ingin menuangkan kreativitasnya. Acara dibuka dengan Tari Makepung yang dibawakan oleh siswa-siswi SMP Negeri 1 Negara, yang dilanjutkan dengan pembacaan doa. Penyerahan sekaligus penyalaan Sumbu SPENTURA kepada Kepala SMP N. 1 Negara yang dibawakan oleh anggota OSIS yang berlangsung dengan hikmat.

Acara hiburan yang dipandu oleh Ngurah Bagus Arthayasa dan M. F Tyas Wening Mustika Rini diawali dengan Tari Tenun. Berikutnya kesan dan pesan dari salah satu alumni SPENTURA, angkatan 75, Pinandita Drs. I Ketut Pasek Swastika, Ketua PHDI (Parasida Hindu Dharma Indonesia) Provinsi Bali, sekaligus Pengawas Kepolisian Kabupaten Jembrana, menyampaikan semangat siswa-siswi jaman dulu. Meski tinggal jauh dari sekolah tidak menyurutkan semangat untuk menuntut ilmu. “Perkembangan SMP Negeri 1 Negara dapat dikatakan sangat pesat. Dahulu hanya dikenal dengan nama SMP Negeri 1 Negara, saat ini memiliki nama lain yaitu SPENTURA. Sub tema ‘SUMBU SPENTURA’ juga sangat menarik. Sumbu yang berarti api atau semangat, dapat melambangkan semangat siswa-siswi SPENTURA dalam menghadapi era globalisasi. SMP Negeri 1 Negara terbukti mampu mempertahankan mutu pendidikan dari zaman ke zaman, serta mampu menghasilkan bibit-bibit unggul untuk kemajuan bangsa” Imbuh Pinandita Drs. I Ketut Pasek Swastika.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan kegiatan bazar untuk semua siswa dan guru. Ketua Komite, I Ketut Suarjana SE. usai sambutan singkatnya menyempatkan memberikan kejutan hadiah gratis berupa uang sebesar Rp 100.000,00 bagi 5 siswa yang bisa menjawab pertanyaan spontan. Selain itu, bagi siswa dari golongan kurang mampu hadiah bertambah menjadi Rp 200.000,00. Acara hari itu ditutup dengan hiburan dan pengundian hadiah.

Acara Seremonial pada hari Senin, 3 September 2018 yang dihadiri oleh Ketua Komite, I Ketut Suarjana SE, Staf dari BRI, dan orang tua siswa, Ulang Tahun SMP Negeri 1 Negara ditutup dengan pelepasan balon dan pemotongan tumpeng oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Negara, I Made Riatori, M. Pd. Sebelumnya, acara dibuka dengan laporan Ketua Panitia, Drs. I Komang Winanta Yasa. Dilanjutkan dengan sambutan singkat Ketua Komite, I Ketut Suarjana SE. Berikutnya pembagian 6 sepeda gayung kepada siswa yang kurang mampu berprestasi yang merupakan sumbangan dari wali murid, bantuan dari Bank Republik Indonesia berupa tabungan masing-masing sebesar Rp 500.000,00 kepada dua orang siswa yang kurang mampu, dan bantuan dari Ketua Komite masing-masing sebesar Rp 750.000,00 kepada dua orang yang tidak mampu.

Ida Bagus Kade Riva Wiguna Putra, selaku Ketua OSIS, mengatakan bahwa HUT SPENTURA ke-61 dapat berjalan sesuai dengan ekspektasi. Tentunya hal ini tidak terlepas dari campur tangan  guru – guru, staf tata usaha dan seluruh komponen yang ada di SMP N. 1 Negara yang telah membantu demi kesuksesan acara. Ia juga berharap, SMP Negeri 1 Negara di usia ke-61 ini tetap menjadi sekolah yang berprestasi, berbudya, dan berwawasan lingkungan.

I Made Riantori M.Pd, selaku Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Negara, mengatakan bahwa acara yang telah disiapkan oleh OSIS sangat diapresiasi. Mengusung tema ”Melalui Pembelajaran Moral Kita Ciptakan Siswa yang Aktif, Cerdas, dan Kreatif” OSIS SMP Negeri 1 Negara merespon secara positif dengan mengangkat sub tema ‘SUMBU SPENTURA’ Songsong Usia Melestarikan Budaya Unggul SPENTURA. Acara yang telah terselenggara sangat mencerminkan peran sekolah dalam menyiapkan penerus bangsa yang melestarikan budaya, contohnya adalah tari-tarian, satua bali, dan lainnya. “Kita ingin menyampaikan kepada masyarakat luas bahwa SMP Negeri 1 Negara selain berprestasi dalam bidang akademik juga berprestasi dalam bidang non akademik. Salah satu bukti nyatanya adalah SMP Negeri 1 Negara meraih juara pertama dalam Lomba Baleganjur se-Kabupaten Jembrana” jelas I Made Riantori M.Pd.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *